Definisi Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi Menurut Ahli

Definisi Pengertian: Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi Menurut Ahli

Definisi Pengertian Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi Menurut Ahli

Menurut Jones dan Rama (2008: 7), yang diterjemahkan oleh M. Slamet Wibowo, ada 5 kegunaan Sistem Informasi Akuntansi, antara lain:
  • Membuat laporan eksternal. Perusahaan menggunakan sistem informasi akuntansi untuk menghasilkan laporan-laporan khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi dari para investor, kreditor, dinas pajak, badan-badan pemerintah, dan yang lainnya. 
  • Mendukung aktivitas rutin. Para manajer memerlukan satu sistem informasi akuntansi untuk menangani aktivitas operasi rutin sepanjang siklus operasi perusahaan khususnya pada penanganan transaksi-transaksi serta membahas siklus perolehan dan pendapatan dengan lebih terinci. 
  • Mendukung pengambilan keputusan. Informasi juga diperlukan untuk pengambilan keputusan yang tidak rutin pada semua tingkat dari suatu organisasi. Informasi sangat penting untuk membantu dalam mengkomunikasikan pengiriman barang.
  • Perencanaan dan pengendalian. Suatu sistem informasi juga diperlukan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian. Informasi mengenai anggaran dan biaya standar disimpan oleh sistem informasi, dan laporan dirancang untuk membandingkan angka anggaran dengan jumlah aktual.
  • Menerapkan pengendalian internal. Pengendalian internal mencakup kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur, dan sistem informasi yang digunakan untuk melindungi aset-aset perusahaan dari kerugian atau korupsi, dan memelihara keakuratan data keuangan.
Berdasarkan International Journal of Information Science & Technology (Vol.6, No.2, 2009: 25-43),  “Effectiveness of accounting information system can be analyzed on three bases:
  1. information scope is considered as financial and non-financial information, internal and external information that is useful in prediction of future events,
  2. timeliness quality is related to the ability of accounting information system to satisfy information needs by providing systematic reports to the user,
  3. aggregation of information is considered as means of collecting and summarizing information within a given time period.” 
Yang diterjemahkan, “ Efektivitas suatu sistem informasi akuntansi dapat dianalisa melalui 3 pokok:
  1. Cakupan informasi yang dapat digolongkan meliputi informasi keuangan dan yang bukan keuangan, informasi internal dan eksternal  yang berguna dalam memprediksi kejadian di masa depan, 
  2. Kualitas dari jadwal yang berhubungan dengan kemampuan sistem informasi akuntansi untuk mencakupi informasi yang dibutuhkan dengan menyediakan laporan sistematis kepada pengguna, 
  3. Aggregat dari informasi dapat diartikan sebagai pengumpulan dan peringkasan informasi di dalam suatu periode yang telah ditentukan.”

Judul: Definisi Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi Menurut Ahli

Post a Comment

0 Comments