Definisi Pengertian Kinerja
Pengertian Kinerja yaitu suatu hasil kerja yang dihasilkan oleh seorang karyawan diartikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Menurut Tika (2006) Kinerja sebagai hasil-hasil fungsi pekerjaan/kegiatan seseorang atau kelompok dalam suatu organisasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor untuk mencapai tujuan organisasi dalam periode waktu tertentu.
Menurut Rivai dan Basri (2005) pengertian kinerja adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawab dengan hasil seperti yang diharapkan. Sedangkan menurut Menurut Bambang Guritno dan Waridin (2005) kinerja merupakan perbandingan hasil kerja yang dicapai oleh karyawan dengan standar yang telah ditentukan.
Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja
Menurut Gibson (2003, p39), ada tiga perangkat variabel yang mempengaruhi perilaku dan prestasi kerja atau kinerja, yaitu :
Dalam konteks pemerintahan sebagai sektor publik menurut Mahsun (2006) bahwa ada beberapa aspek yang dapat dinilai kinerjanya :
Menurut Mangkunegara (2006) terdapat aspek-aspek standar pekerjaan yang terdiri dari aspek kuantitatif dan aspek kualitatif meliputi :
Menurut Rivai dan Basri (2005) pengertian kinerja adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawab dengan hasil seperti yang diharapkan. Sedangkan menurut Menurut Bambang Guritno dan Waridin (2005) kinerja merupakan perbandingan hasil kerja yang dicapai oleh karyawan dengan standar yang telah ditentukan.
Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja
Menurut Gibson (2003, p39), ada tiga perangkat variabel yang mempengaruhi perilaku dan prestasi kerja atau kinerja, yaitu :
- Variabel Individual, terdiri dari: kemampuan dan keterampilan, mental dan fisik, latar belakang (keluarga, tingkat sosial), penggajian dan demografis (umur, asal-usul, jenis kelamin).
- Variabel Organisasional, terdiri dari: sumber daya, kepemimpinan, imbalan, struktur desain pekerjaan.
- Variabel Psikologis, terdiri dari: persepsi, sikap, kepribadian, belajar, motivasi.
Dalam konteks pemerintahan sebagai sektor publik menurut Mahsun (2006) bahwa ada beberapa aspek yang dapat dinilai kinerjanya :
- Kelompok Masukan ( input ).
- Kelompok Proses ( Proccess ).
- Kelompok Keluaran ( Output ).
- Kelompok Hasil ( Outcome ).
- Kelompok Manfaat ( Benefit ).
- Kelompok Dampak ( Impact ).
Menurut Mangkunegara (2006) terdapat aspek-aspek standar pekerjaan yang terdiri dari aspek kuantitatif dan aspek kualitatif meliputi :
- Aspek kuantitatif yaitu :
- Proses kerja dan kondisi pekerjaan,
- Waktu yang dipergunakan atau lamanya melaksanakan pekerjaan,
- Jumlah kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan, dan
- Jumlah dan jenis pemberian pelayanan dalam bekerja
- Aspek kualitatif yaitu :
- Ketepatan kerja dan kualitas pekerjaan,
- Tingkat kemampuan dalam bekerja,
- Kemampuan menganalisis data/informasi, kemampuan/kegagalan menggunakan mesin/peralatan, dan
- Kemampuan mengevaluasi (keluhan/keberatan konsumen/masyarakat).
Judul: Definisi Kinerja Menurut Ahli Tika
16 Comments
mohon daftar pustaka,y ya?
ReplyDeleteBoleh minta daftar pustakanya? Terima kasih :)
ReplyDeletesip
ReplyDeletedaftar pustaka min minta dong kirim ke email ane ban_jonder18@ymail.com
ReplyDeletemin.. boleh minta daftar pustakanya? heheh
ReplyDeletepheveaforestta@yahoo.com
Boleh minta daftar pustakanya? Terima kasih :)
ReplyDeleteekariani.bsb@gmail.com
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletelagunya apa mbak? bagus hehe *Salah fokus
ReplyDeletedaftar pustakanya donk,hehe mks
ReplyDeletepolandao@gmail.com
Boleh minta daftar pustakanya? Terima kasih :)
ReplyDeletemuhammad_crystandy@yahoo.com
daftar pustaka dnk
ReplyDeleteBoleh minta daftar pustaka nya
ReplyDeletehrmnhdt@gmail.com
daftar pustaka min faridmuzaki16@gmail.com
ReplyDeletedaftar pustaka min theovilus.agselda@gmail.com
ReplyDeletedaftar pustaka min theovilus.agselda@gmail.com
ReplyDeletemin mnta daftar pustakanya dong cikusascifal@gmail.com
ReplyDelete