Monday, May 27, 2013

Definisi Kinerja Menurut Ahli Tika

Definisi Pengertian: Kinerja Menurut Ahli Tika

Definisi Pengertian Kinerja 

Pengertian Kinerja yaitu suatu hasil kerja yang dihasilkan oleh seorang   karyawan diartikan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Menurut Tika (2006) Kinerja   sebagai hasil-hasil fungsi pekerjaan/kegiatan seseorang atau kelompok dalam suatu organisasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor untuk mencapai tujuan organisasi dalam periode waktu tertentu.

Menurut Rivai dan Basri (2005)   pengertian kinerja   adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan sesuatu kegiatan dan menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawab dengan hasil seperti yang diharapkan. Sedangkan menurut Menurut Bambang Guritno dan Waridin (2005)   kinerja   merupakan perbandingan hasil kerja yang dicapai oleh karyawan dengan standar yang telah ditentukan.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja
Menurut Gibson (2003, p39), ada tiga perangkat variabel yang mempengaruhi perilaku dan prestasi kerja atau kinerja, yaitu :
  • Variabel Individual, terdiri dari: kemampuan dan keterampilan, mental dan fisik, latar belakang (keluarga, tingkat sosial), penggajian dan demografis (umur, asal-usul, jenis kelamin).
  • Variabel Organisasional, terdiri dari: sumber daya, kepemimpinan, imbalan, struktur desain pekerjaan.
  • Variabel Psikologis, terdiri dari: persepsi, sikap, kepribadian, belajar, motivasi.
Tiga faktor utama yang memengaruhi kinerja individu menurut Mathis dan Robert L (2006, p113) adalah kemampuan individu melakukan pekerjaan tersebut, tingkat usaha yang dicurahkan dan dukungan organisasi.
Dalam konteks pemerintahan sebagai sektor publik menurut Mahsun (2006)  bahwa ada beberapa aspek yang dapat dinilai kinerjanya :
  1. Kelompok Masukan ( input ).
  2. Kelompok Proses ( Proccess ).
  3. Kelompok Keluaran ( Output ).
  4. Kelompok Hasil ( Outcome ).
  5. Kelompok Manfaat ( Benefit ).
  6. Kelompok Dampak ( Impact ).
Fokus pengukuran kinerja sektor publik justru terletak pada outcome dan bukan input dan proses outcome yang dimaksudkan adalah outcome yang dihasilkan oleh individu ataupun organisasi secara keseluruhan, outcome harus mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat menjadi tol a k ukur keberhasilan organisasi sektor publik.

Menurut Mangkunegara (2006) terdapat aspek-aspek standar pekerjaan yang terdiri dari aspek kuantitatif dan aspek kualitatif meliputi :
  • Aspek kuantitatif yaitu :
  1. Proses kerja dan kondisi pekerjaan,
  2. Waktu yang dipergunakan atau lamanya melaksanakan pekerjaan,
  3. Jumlah kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan, dan
  4. Jumlah dan jenis pemberian pelayanan dalam bekerja
  • Aspek kualitatif yaitu :
  1. Ketepatan kerja dan kualitas pekerjaan,
  2. Tingkat kemampuan dalam bekerja,
  3. Kemampuan menganalisis data/informasi, kemampuan/kegagalan menggunakan mesin/peralatan, dan
  4. Kemampuan mengevaluasi (keluhan/keberatan konsumen/masyarakat).

Judul: Definisi Kinerja Menurut Ahli Tika 

4 comments: