Definisi Komunikasi Data Menurut Ahli

Definisi Pengertian: Komunikasi Data Menurut Ahli

Definisi Komunikasi Data

Komunikasi dapat diartikan sebagai cara untuk menyampaikan atau  menyebarluaskan data dan informasi, sedangkan informasi berarti berita, pikiran,  pendapat dalam berbagai bentuk. Dari berbagai cara komunikasi manusia ini  masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan, yaitu: 
  1. Jarak yang jauh (bahkan sampai menyeberangi lautan), 
  2. Waktu yang lama untuk menyampaikan pesan, 
  3. Biaya yang relatif mahal. 
Kekurangan tersebut bisa diatasi seiring dengan perkembangan teknologi  informasi. Komunikasi data merupakan cara mengirimkan data menggunakan sistem transmisi elektronik dari satu komputer ke komputer lain atau dari satu  komputer ke terminal tertentu [1].

Di tahun 1970-an dan awal 1980-an terjadi pemanduan bidang ilmu komputer dengan komunikasi data yang secara drastis mengubah teknologi, produksi dan perusahaan yang sekarang merupakan kombinasi industri 
komunikasi dan komputer. Revolusi ini telah menghasilkan kenyataan yang menarik, antara lain:
  1. Tidak adanya perbedaan fundamental antara data processing (komputer) dan komunikasi data (perangkat transmisi dan pengalihan) 
  2. Tidak ada perbedaan fundamental antara komunikasi data voice (suara) dan video. 
  3. Jalur-jalur antara Single-processor computer, multi-processor computer, jaringan lokal, jaringan metropolitan dan jaringan jarak jauh sudah kabur.
Judul: Definisi Komunikasi Data Menurut Ahli

Post a Comment

1 Comments